RESEP MEMBUAT KUE APEM JAJANAN TRADISIONAL NUSANTARA

Resep Membuat Kue Apem. apa kabar pengunjung semua? semoga sehat selalu. pada kesempatan ini, admin akan coba share membuat salah satu jajanan tradisional Nusantara. Yap, sesion kali ini membuat kue apem. kue apem merupakan salah satu jajanan tradisional nusantara yang banyak dijumpai di semua lapisan masyarakat. salah satu jajanan tradisional yang berbahan dasar tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus. rasa kue apem ini manis gurih dan pastinya enak dengan sensasi empuk, gurih santan.
sedikit menilik sejarah asal mula kue apem di Indonesia ini, konon menurut legenda, kue apem ini dahulu pertama kali dikenalkan oleh Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya kembali dari perjalanannya dari tanah suci. Ia membawa oleh-oleh 3 buah makanan dari sana. Namun karena terlalu sedikit, kue apem ini dibuat ulang oleh istrinya. Makanan ini kemudian dikenal oleh masyarakat sebagai kue apem, yakni berasal dari saduran bahasa arab “affan” yang bermakna ampunan. Tujuannya adalah agar masyarakat juga terdorong selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Lambat laun kebiasaan ‘membagi-bagikan’ kue apem ini berlanjut pada acara-acara selamatan menjelang Ramadhan. namun banyak pula dijumpai di dalam acara hajatan atau resepsi-resepsi sebagai jajanan cemilan untuk disajikan kepada tamu.
okelah, langsung saja pada inti artikel, kita akan mencoba membuat kue apem yang melegenda ini, berikut resep kue apem dan cara membuatnya.

RESEP MEMBUAT KUE APEM
jajanan tradisional
Kue Apem
 Bahan-bahan Membuat Kue Apem :
  • 400 gram tepung beras
  • 400 gram santan kental
  • 80 gram tepung kanji
  • 200 gram gula pasir
  • 250 ml santan cair
  • 1 bungkus ragi instan
  • ½ butir kelapa muda, lalu parut dan kukus
  • Pewarna makanan warna merah dan hijau
  • Garam secukupnya
Cara membuat Kue Apem :
  1. Pertama-tama masukkan tepung beras, tepung kanji, dan garam, aduk rata.
  2. Tuang sedikit demi sedikit santan cair, olah hingga adonan menjadi kalis dan juga rata
  3. olah adonan sambil dipukul pukul selama kurang lebih 15 menit
  4. Simpan atau biarkan adonan selama 1 jam
  5. Tambahkan santan kental, aduk hingga adonan menjadi licin
  6. Siapkan cetakan yang telah diolesi minyak atau mentega.
  7. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga ¼ bagian
  8. Kukus adonan hingga matang
  9. Keluarkan kue apem yang sudah dikukus tadi
  10. kue apem siap disajikan :)
mudah bukan, selamat mencoba, bilamana ada bahan maupun yang kurang pas, dapat anda tambahkan maupun kurangi sesuai selera. terimakasih telah menyempatkan untuk menyimak resep membuat kue apem ini, semoga bermanfaat. kami tunggu kunjungannya lagi di lain waktu. salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RESEP MEMBUAT KUE APEM JAJANAN TRADISIONAL NUSANTARA"

Posting Komentar